Saturday, March 20, 2010

Penampakan Maria kepada St.Yakobus - Rasul


Santa Maria dari Pilar, Saragossa - Spanyol
Penampakan Maria kepada St.Yakobus - Rasul

Penampakan Perawan Maria yang pertama kali disaksikan oleh St.Yakobus Besar (St.Yakobus bin Zebedeus, - saudara St.Yohanes), yang disebutkan sebagai Rasul favorit Bunda Maria. Penampakan itu terjadi di Saragossa, Spanyol, di tahun 40 Masehi ketika St.Yakobus sedang berkhotbah di tepi sungai Ebro. Karena Perawan Maria masih hidup pada saat itu, penampakan ini sebetulnya merupakan suatu kejadian bi-lokasi. Banyak orang kudus Gereja memiliki kemampuan bi-lokasi, dimana mereka sedang berdoa di suatu tempat dan secara bersamaan hadir secara fisik di tempat lainnya. Contohnya: St.Antonius dari Padua, Beato Padre Pio.

St.Yakobus, Rasul yang disebutkan telah berangkat ke Spanyol tahun 35 Masehi, merasa usahanya kurang membuahkan hasil yang memuaskan ketika tiba-tiba Perawan Maria muncul di hadapannya, dibawa oleh sejumlah malaikat dari Yerusalem. Bunda Maria memberikan kepadanya sebuah patung dirinya bersama dengan Kanak-kanak Yesus dan pilar jasper setinggi 1.8 meter dan berkata, "Tempat ini akan menjadi rumahku, dan patung dan pilar ini akan menjadi titelnya (Santa Maria dari Pilar) dan altar dari kuil yang akan engkau bangun." Pilar itu nantinya ditaruh di dalam gereja dan masih ada hingga sekarang yang menjadi lambang iman yang tekun dari rakyat disana.

St.Yakobus lalu membangun sebuah kapel, yang merupakan gereja pertama yang dibangun untuk menghormati Maria. Meskipun kapel ini nantinya dihancurkan, termasuk juga beberapa yang dibangun sesudahnya, namun secara mukjijat patung dan pillar Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus masih terpelihara hingga sekarang setelah lebih dari 1900 tahun [!] di kapel kudus di dalam basilika yang didedikasikan kepada Perawan dari Pilar. Sejak dari permulaan sejumlah penyembuhan dan mukjijat lainnya telah diperoleh lewat Perawan dari Pilar oleh mereka yang datang kesana untuk mencari pertolongannya.

Dalam penampakannya kepada St.Yakobus, disebutkan bahwa Sang Perawan juga mengatakan kepada St.Yakobus bahwa Tuhan Yesus menginginkan dia kembali ke Yerusalem untuk menjadi salah satu martir yang pertama. St.Yakobus menjadi martir di Yerusalem pada tahun 44 Masehi - suatu pemenuhan dari nubuat Yesus dalam Injil Matius 20:20-23, dimana Yesus mengatakan bahwa Yakobus akan "meminum dari cawan-Nya."

Pesta rakyat Spanyol, "El Pilar", dirayakan setiap tanggal 12 Oktober. Pada tanggal 12 Oktober 1492, Christoper Columbus berlayar dengan kapal Spanyol, Santa Maria, dan tiba di benua baru, Amerika.

1 comment: