Saturday, November 13, 2010

Teori Gambling Pascal


Blaise Pascal tidak hanya dikenal sebagai fisikawan besar. Pada masa menjelang akhir hidupnya, ia juga dikenal sebagai seorang yang beriman setelah melalui proses pencaharian yang panjang. Suatu ketika ia berdebat dengan ilmuwan lain yang Ateis. Mereka berdebat tentang tiga problem penting : Tuhan, Sorga dan hidup abadi sesudah mati. Tidak ada kata sepakat.



Akhirnya, Pascal berkata : Kita tidak mungkin sepakat. Kita sepakat untuk tidak sepakat. Tapi, saya mau mengajukan sebuah keyakinan. Saya namai "Teori Gambling". Ini pertaruhan terbesar hidup saya :



Saya percaya bahwa Tuhan itu ada. Hidup abadi sesudah kematian itu ada. Saya percaya Sorga ada. Saat manusia bersatu dengan Allah sumber kebahagiaan sejati nan abadi.



Digerakkan oleh imanku, maka selama hidup di dunia ini aku akan mengisi hidupku dengan sesuatu yang bermanfaat dan memberi makna hidup dengan kasih dan kebaikan.



Kalaupun, ternyata nanti Allah tidak ada, hidup abadi, dan Sorga tidak ada, saya tidak rugi apapun. Saya menjadi orang baik. Saya merasa bahagia karena saya mendapatkan makna hidup.



Kalaupun, ternyata nanti Allah, hidup abadi dan sorga ada. Maka saya sangat bersyukur. Pertama, apa yang kuimani itu ternyata benar adanya. Kedua, yang jauh lebih penting yaitu bahwa semuanya itu meneruskan dan menyempurnakan apa yang sudah kumulai sejak di dunia ini.



Lha, sekarang giliran kamu :

Kalau semua itu tidak ada, kamu akan puas karena pendapatmu benar. Tapi nanti kalau ternyata semua itu ada, Celakalah kamu. Semua pendapatmu salah, dan kamu nggak jelas nasibmu. Kacian dech loe...

No comments:

Post a Comment