Monday, April 12, 2010

Obat bagi Penderitaan


Ada sebuah kisah lama bangsa cina tentang seorang wanita yang putra tunggalnya meninggal dunia. Dalam kesedihannya, ia pergi menemui seorang suci. Katanya, " Apakah Anda memiliki doa atau mantra ajaib yang dapat menghidupkan kembali putraku?"

Daripada menyuruh waita itu pergi atau berdebat dengannya, orang suci itu berkata, "Bawalah padaku sebutir biji sesawi yang kau ambli dari sebuah keluarga yang tidak pernah mengalami penderitaan. Kita akan menggunakannya untuk mengusir penderitaan dalam hidupmu." Dengan segera wanita itu pergi mencari biji sesawi ajaib itu.

Mula-mula ia mendatangi sebuah rumah besar yang sangat bagus. Ia mengetuk pintunya dan berkata, "Aku sedang mencari sebuah keluarga yang tidak pernah mengalami penderitaan. Inikah tempatnya ? Hal itu sangat penting bagiku."

Mereka menjawab,"Sesungguhnya Anda datang ke tempat yang salah." Dan mereka mulai bercerita tentang segala hal yang menyedihkan yang baru saja menimpa keluarga mereka.

Wanita itu bergumam, "Siapa yang lebih mampu membantu orang-orang malang ini, orang-orang yang bernasib sial, kecuali saya, yang sudah memiliki nasib sialku sendiri?" Ia tinggal di situ selama beberapa saat untuk menghibur mereka, kemudian pergi mencari sebuah keluarga yang tidak pernah mengalami penderitaan. Tetapi kemanapun dia pergi, ke gubuk-gubuk atau ke tempat-tempat lainnya yang mewah, ia hanya menemukan kisah demi kisah tentang kesedihan dan kemalangan. Begitu banyaknya ia mendengar tentang berbagai penderitaan orang lain, akhirnya ia lupa akan tujuannya mencari biji sesawi ajaib itu. Tanpa disadarinya, ia telah berhasil mengusir penderitaan dari hidupnya.

No comments:

Post a Comment