Thursday, October 20, 2011

Pemberian diri

Puncak piramida yang digambarkan oleh Abraham Maslow yakni akualisasi diri (Self-Actualization) bagi orang yang mau menjadi pekerja di ladang Kristus, sudah tidak berlaku lagi, ada satu hal yang jauh lebih tinggi lagi dari aktualisasi diri yaitu "Pemberian diri" (Self-Giving). Seperti yang dilakukan Jesus beserta para martirNya.

Hal ini diungkapkan dengan sangat indah oleh Santo Ignatius dari Antiokia : "Jika Gandum tidak bersedia untuk digiling, maka gandum tersebut tidak akan pernah menjadi Roti, dan anggur jika tidak bersedia diperas, maka tidak akan menjadi minuman anggur yang harum."

Untuk mencapai kemuliaan Ilahi sudah jelas tidak MUDAH dan MURAH. Emas hanya bisa dibedakan dengan logam yang kelihatan persis seperti emas dengan cara mengujinya di dalam api. Sudah jelas bagaimana perbedaan proses pembentukan Berlian dengan batu kali.

Hal alami sudah mengajarkan kepada kita bagaimana untuk mencapai kemulian Allah dengan "memberikan diri" kita untuk diuji oleh Tuhan ketika Tuhan MEMBUTUHKANNYA...

Tuhan Memberkati..
Ave Maria !

No comments:

Post a Comment